Sifat shio macan

A. Karakter dan Sifat Dasar
Menurut kepercayaan masyarakat Cina, simbol Macan melambangkan kekuasaan dan keperkasaan. Macan adalah binatang petarung, gigih, dan tidak kenal takut. Shio Macan serupa dengan sifat asli macan. Ia selalu muncul pada saat yang tepat dengan pesona dan kejutan. Dorongan hati dan semangatnya membius sekaligus merangsang. Ia membangkitkan semangat orang sekelilingnya. Shio Macan senang memikat dan menjadi pusat perhatian.
Shio Macan tidak bisa berdiam diri, tetapi mudah curiga dan sulit mempercayai orang lain. Shio Macan sangat temperamental, tulus, penuh kasih sayang, murah hati, dan memiliki selera humor yang menakjubkan. Pemilik Shio Macan sangat mencintai anak kecil, binatang, musik jazz, atau apa saja yang bisa memancing imajinasinya. Jika terlibat dalam sesuatu hal, ia akan terjun atau terlibat secara total. Ketika Shio Macan sedang mengagumi sesuatu, bahkan bernafas pun akan dinomorduakan. Dalam bertindak, ia tidak pernah setengah hati. Shio Macan bisa dipercaya 100%.
Kenyakan Shio Macan menggeluti kehidupan seni sejak usia muda, mulai yang keranjingan hidup betualang, menyukai roman asli Perancis, melukis, penyanyi solo atau band, ataupun aktor. Selain optimis, Shio Macan tidak terlalu materialistis dan memedulikan keamanannya. Seringkali, pemilik Shio Macan bertindak berdasarkan dorongan hati, mengekspresikan keinginan diri, menegaskan identitas, atau menciptakan kepribadian yang berbeda dengan kelaziman. Di mata orang awam, penampilan Shio Macan terlihat agak norak. Namun, 9 dari 10 orang cenderung akan menyokongnya, meski sambil menggelengkan kepala sekaligus menahan nafas menyaksikan aksi ‘gilanya’.
Dalam keadaan normal, orang bershio Macan terlihat ceria, terbuka, optimis, hangat, humoris, dan bahkan romantis. Ia bisa melucu, bisa juga sangat mesra, atau bahkan bisa menjadi seorang pemarah yang sangat sentimentil. Namu, ia punya kecenderungan posesif. Dan, kalau kesal atau ‘jatuh’, ia sangat membutuhkan ‘segerobak’ simpati dari teman-teman dekatnya. Jangan pernah berdebat siapa yang benar dan siapa yang salah di depan pemilik Shio Macan. Baginya, logika sama sekali tidak berarti apa-apa. Jangan segan-segan untuk menghiburnya. Ia akan melakukan hal yang sama dua kali lipat ketika keadaanya sudah membaik. Ia suka mendengarkan kata-kata atau nasihat bijak, tetapi bukan berarti ia akan mengikutinya. Tidak peduli seberapa kalut pikirannya, seberapa dalam kekecewaannya, atau seberapa kuat tekanan mengepungnya, orang bershio Macan tidak akan pernah patah semangat. Rasanya, ada energi hidup yang selalu berkobar di dalam diri Shio Macan.
Shio Macan mempunyai ego yang besar. Dunianya tidak lepas dari gelimang uang, kekuasaan, dan ketenaran. Pada masa mudanya, Shio Macan habis-habisan mengejar sukses dan mewujudkan mimpinya. Ketika usianya memasuki senja, ia tetap tidak rela untuk berpangku tangan. Staminanya seakan tak pernah habis untuk melakukan hal-hal menantang yang belum sempat dilakukannya. Ia mencintai kehidupan dengan mereguk isinya hingga puas. Kehidupan Shio Macan memang berubah-ubah, diwarnai tawa, air mata, sakit hati, kegembiraan, putus asa, dan kecamuk emosi. Ia sama sekali tidak mau dikasihani. Kelemahan Shio Macan adalah sikap terburu-buru dalam mengambil keputusan.
Shio Macan yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 adalah pribadi penuh kasih, tetapi temperamental dan sedikit ‘aneh’, yaitu seringkali memulai pertengkaran atau konflik hanya untuk merasakan nikmatnya berbaikan kembali. Shio Macan yang dilahirkan antara pukul 01.00-03.00 memiliki sifat kombinasi antara berkemauan keras dan pemarah. Shio Macan yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 adalah pribadi berangasan, senang memicu pertengkaran, sangat bersemangat, dan seringkali temperamennya berubah-ubah, tetapi sangat menawan. Shio Macan yang dilahirkan pukul 05.00-07.00 adalah pribadi tenang, tetapi emosinya meledak-ledak. Shio Macan yang dilahirkan pukul 07.00-09.00 adalah pribadi yang bersemangat mencapai target tertinggi dan mampu menjadi pemimpin yang baik. Shio Macan yang dilahirkan pukul 09.00-11.00 adalah pribadi yang mampu mengontrol emosi ketika amarahnya meledak-ledak dan jago berdiplomasi. Shio Macan yang dilahirkan pukul 11.00-13.00 adalah pribadi yang praktis, logis, dan mampu memprediksi segala risiko sebelum bertindak, tetapi agak urakan, lepas tanpa terkendali, dan kurang bertanggung jawab. Shio Macan yang dilahirkan pukul 13.00-15.00 adalah pribadi yang tenang, suka mengamati, dan artistik, tetapi sangat posesif. Shio Macan yang dilahirkan pukul 15.00-17.00 adalah pribadi yang cerdik dan bertenaga. Shio Macan yang dilahirkan pukul 17.00-19.00 adalah pribadi yang menarik dan atraktif. Shio Macan yang dilahirkan pukul 19.00-21.00 adalah pribadi yang berpikiran positif, mampu bekerja sama dalam tim, dan fair play, tetapi ucapannya sering menyakiti hati. Shio Macan yang dilahirkan pukul 21.00-23.00 adalah pribadi yang gemar menuruti kata hati, akan segera puas ketika telah mendapatkan keinginannya, dan berusaha keras untuk menyenangkan keluarga atau teman-teman terdekatnya, tetapi relatif agak sensitif, perasa, dan pendendam.

B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Macan
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Macan, yaitu Shio Macan Logam, Macan Kayu, Macan Air, Macan Api, dan Macan Tanah.
a. Shio Macan Logam
Shio Macan Logam cenderung tidak bisa diam atau ‘malu-malu kucing’. Ia tergolong pribadi yang aktif dan penuh gairah. Ia sama sekali tidak memiliki jiwa artistik, tetapi pribadinya sangat mengesankan. Ia selalu memusatkan perhatian pada diri sendiri dan suka berlagak, suka berkompetisi, dan tak kenal lelah. Ia sosok yang radikal, tidak pernah ragu mencapai tujuan yang telah ditetapkannya. Persoalan utamanya adalah ia menginginkan terlalu banyak hal dalam waktu bersamaan, seringkali targetnya meleset. Kendati demikian, ia tetap optimis, sigap, dan berpandangan luas. Shio Macan ini cenderung dramatis dan mudah dipengaruhi menjadi orang baik atau bahkan menjadi pengacau dan penjahat. Ia menyukai kebebasan dan tidak mau dikekang.

b. Shio Macan Air
Shio Macan Air berjiwa terbuka, kaya ide, dan selalu mencari-cari pengalaman baru. Ia pribadi yang onjektif, tenang, humanis, dan mampu menyelami perasaan orang lain. Ia intuitif, dan mampu berkomunikasi. Kemampuan berpikirnya jauh lebih unggul dibandingkan Shio Macan unsur lainnya.

c. Shio Macan Kayu
Shio Macan Kayu memiliki sifat sangat toleran, tepo seliro, dan mampu menilai beberapa kondisi tanpa memihak pihak mana pun. Pandangannya demokrat dan memahami pentingnya arti sebuah kerja sama. Ia mampu bergaul dengan segala lapisan, pandai menarik simpati teman atau pendukung, dan mampu mendamaikan pihak yang berselisih. Namun, ia egosentris. Shio Macan Kayu paling jarang ‘meraung’ dibandingkan Shio Macan unsur lainnya, tetapi ia sering lengah pada bahaya yang mengintai. Ia gesit dalam membagi tugas, terampil memberi perintah, dan menyatukan banyak suara untuk satu tujuan. Ia tidak terlalu ngoyo, tetapi tidak mau mengakui keterbatasan dirinya. Semua Shio Macan memang tidak sanggup menghadapi kritik. Bahkan, ia pun tidak peduli dengan seberapa konstruktif kritik tersebut disampaikan oleh orang lain kepadanya.

d. Shio Macan Api
Shio Macan Api merupakan sosok yang penuh semangat dan tidak pernah kehabisan tenaga. Ia selalu siap beraksi, bepergian, atau tidak betah berlam-lama menekuni satu pekerjaan. Waktu baginya adalah sekarang. Ia sosok yang mandiri, tetapi sulit ditebak dan tidak segan melanggar tradisi. Begitu ia bertindak, hampir selalu dramatis dan berpengaruh. Api membuatnya lebih ekspresif. Terkadang, ia suka bersandiwara atau memamerkan bakat kepemimpinannya yang lebih kuat dibandingkan Shio Macan unsur lainnya. Ia pribadi optimis sejati seolah “dunia tidak akan pernah kiamat”.

e. Shio Macan Tanah
Shio Macan Tanah pembawaannya lebih tenang dan bertanggung jawab. Ia pandai mencari peluang dan tidak tergesa-gesa dalam hal mengambil keputusan. Ia pribadi yang dewasa dan bijak. Ia juga mau memerhatikan kepentingan dan nasib orang lain. Shio Macan Tanah lebih mantap daripada Shio Macan unsur lainnya. Ia adalah pekerja giat, objektif, dan selalu tenang ketika menghadapi masalah. Pikirannya jernih, mampu melihat masalah dalam proporsi yang sebenarnya, dan tidak membiarkan emosi menghalangi pandangannya. Shio Macan Tanah paling terampil menjalin hubungan berdasarkan daya tarik pribadi atau seksual. Ia penuh perhitungan, tidak sekadar nekad atau berani mati. Terkadang, jiwanya terlalu soombong, tidak sensitif, dan bahkan tidak berperasaan, terutama pada saat memikirkan kepentingannya sendiri. Berbeda dari Shio Macan unsur lainnya, Shio Macan Tanah tidak urakan dan tidak suka bertualang. Ia senantiasa memacu diri hingga mampu meraih keberhasilan. Namun, setelah semuanya direngkuh, biasanya Shio Macan Tanah akan mulai bertingkah radikal, menciptakan skandal, atau membuat sensasi agar menjadi perhatian publik.

(sumber: http://magicalsoul.wordpress.com/)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

jodoh yang cocok untuk shio macan api apa ya?

Posting Komentar

Postinglah dengan komentar yang bersifat "membangun".Thanks^^