Tentang INDERA Ke 6

Clairvoyance adalah kemampuan untuk mendapatkan informasi tentang sesuatu secara langsung tanpa melalui indera. Berbeda dengan telepati, clairvoyance, menerima informasi secara langsung dari objek atau kejadian, baik dimasa lalu, saat ini, atau masa depan, tanpa mengetahui adanya pikiran orang tentang hal tersebut. Pendek kata, jika telepati harus mengetahui apa yang dipikirkan orang untuk tahu sesuatu. Clairvoyance tidak perlu tahu pikiran orang untuk tahu sesuatu.

Terdapat banyak bentuk clairvoyance yang dikenal masyarakat. Misalnya saja, ada orang yang selalu tahu siapa yang menelpon meskipun baru mendengar suara dering telpon.Bisa melihat apa isi rumah seseorang, padahal tidak pernah datang ke rumah orang tersebut. Bisa menemukan benda-benda yang hilang atau orang hilang. Bisa melihat benda-benda yang disembunyikan dibalik pakaian, dan sebagainya.

Clairvoyance merupakan fenomena psi yang sangat menarik perhatian masyarakat. Salah satu laporan yang paling umum disampaikan orang tentang fenomena tersebut adalah terhindarnya diri dari suatu kecelakaan karena membatalkan diri bepergian. Misalnya kasus yang dialami Momo (bukan nama sebenarnya). Entah kenapa ada dorongan kuat untuk menunda keberangkatan naik pesawat ke tujuan tertentu, padahal tiket pesawat telah dipesan. Betul, ternyata penundaan itu berbuah manis, karena pesawatnya ternyata kemudian kecelakaan. Jika tidak ditunda, bisa dipastikan ia akan ikut menjadi korban.

Masyarakat umum menilai bahwa para dukun memiliki kemampuan clairvoyance. Buktinya, pada saat kehilangan sesuatu, misalnya motor atau mobil, mereka pergi ke dukun untuk mencari tahu siapa pencurinya, kapan tepatnya dicuri, dan ke arah mana pencurinya lari. Mereka dianggap bisa tahu kejadian dimasa lalu dan saat ini. Mereka juga dianggap tahu kondisi objeknya. Masyarakat yang datang ke dukun bertanya tentang bagaimana kondisi motor atau mobilnya saat itu.

Saya ingat sebuah kisah menggelikan yang terkait dengan clairvoyance. Saat itu saya masih SD. Ada sebuah keluarga yang waktu itu memiliki beberapa ekor sapi. Suatu pagi, salah satu sapi betina yang bunting tua lepas dari ikatannya. Sapi itu berusaha dicari kemana-mana. Tapi sampai 2 hari, sapi itu tidak ketemu. Nah, hari ketiga, ada orang yang datang mengantarkan sapi tersebut (beberapa orang mengakuinya sebagai dukun). Orang tersebut mengaku bahwa sapi tersebut berhasil ditemukan karena ia melihatnya dalam mimpi atau semacam itu (selayaknya dukun) dan ditemukan jauh dari tempatnya. Terang saat itu saya percaya, karena sapi sudah lepas 3 hari maka tentu saja bisa berjalan jauh.

Keesokan harinya, ada orang lain lagi memberitahukan bahwa sapi itu ditemukan di dalam semak yang tidak terlalu jauh dari tempatnya. Hanya saja, ia bersembunyi di dalam semak karena melahirkan anak. Tentu saja orang yang mengaku menemukan sapi telah menipu. Hebatnya, orang itu berupaya meyakinkan bahwa hanya karena kemampuannya sapi itu bisa ditemukan. Benar tidaknya karena kemampuan clairvoyance sapi itu ditemukan, itu tidak jelas. Tapi yang jelas, orang itu telah menipu.

Meskipun tidak persis sama, kisah tersebut mengingatkan saya pada salah satu cerita melayu, yakni kisah tentang Pak Belalang (disebut begitu karena memiliki anak yang bernama belalang). Diceritakan bahwa Pak Belalang menyuruh anaknya mencuri ternak milik warga desa dan disembunyikan di suatu tempat. Lalu Pak Belalang berpura-pura menjadi dukun. Ia menunjukkan dimana tempat ternak itu berada. Sudah tentu, petunjuk itu selalu benar karena anaknya sendiri yang membawa ternak itu kesana. Berkat tipuan itu, Pak Belalang termasyur sebagai dukun.

Penguasa wilayah juga mendengar kehebatan Pak Belalang dalam menemukan barang hilang. Lalu Pak Belalang di undang ke istana untuk menjadi ahli di istana, yang ditandingkan dengan ahli dari wilayah lain. Jika gagal, Pak Belalang akan dihukum mati. Nah, pada saat pertandingannya, ahli dari wilayah lain membawa tabung bambu, dimana Pak Belalang diminta untuk menebak isinya. Tentu saja Pak Belalang tidak tahu. Ia mulai ketakutan. Lalu mulai memanggil-manggil anaknya karena takut, “belalang, belalang, belalang”, ratapnya. Ternyata isi tabung bambu itu adalah belalang. Jadi, Pak Belalang memenangkan lomba.

Jika benar pendapat para ilmuwan bahwa sebuah cerita rakyat menggambarkan kondisi sosio-psikologis masyarakat. Maka setidaknya ada dua hal yang bisa disimpulkan dari cerita Pak Belalang. Pertama, masyarakat (khususnya masyarakat melayu) sebenarnya tahu bahwa mungkin saja orang yang mengklaim diri memiliki kemampuan psi, hanya melakukan tipuan. Kedua, banyak kejadian yang seolah-olah merupakan fenomena psi hanyalah karena kebetulan. Pendek kata, harus hati-hati dalam menyimpulkan apakah sesuatu itu karena fenomena psi atau bukan.

testnya :http://astraltest.com/extrasensory/clairvoyance.php

jenisnya:
Precognition( meramal masa depan ),
Remote Viewing (Terawang),
Telepathy (Komunikasi jarak jauh),
Retrocognition(Mengetahui masa lalu) ,
Clairvoyance ( mata gaib ) ,
Clairsentience (mampu merasakan hal2 gaib),
Clairaudience ( Mendengar hal2 gaib),
Clairalience ( mencium hal2 gaib ) ,
Claircognizance ( mengetahui scr gaib ),
Clairgustance ( mampu mengecap scr gaib)
Psychometry : kemampuan untuk mendapatkan informasi hanya dengan menyentuh
Astral projection : kemampuan untuk melepaskan sebagian / seluruh energi tubuh sehingga “tubuh halus” kita dapat berpindah tempat kemanapun kita suka. Orang sering pula menyebutnya dengan out of body experience (OOBE). Kita mau ke amerika tapi gak punya uang buat beli tiket pesawat, tinggal ngastral projection aja, beres. Merupakan situasi dimana kita dapat merasakan sensasi di luar tubuh fisik kita. Beberapa psikolog memasukkan hal ini ke dalam kondisi halusinasi. Tapi dari pengalaman beberapa orang, hal tersebut bukanlah merupakan halusinasi, karena apabila dilakukan pembuktian, maka apa yang sedang dilihat atau dirasakan saat OOBE adalah sesuai dengan adanya.

Setiap orang sbnarnya punya kemampuan ini, namun potensinya berbeda2..ada yg lebih unggul di bidang precognition (meramal) ada yg lebih berpotensi di bidang Clairvoyance..
Dan spt layaknya kemampuan2 lain, ESP ini bisa dilatih..

Precognitive Dream adalah sebuah mimpi yang memberikan kepada seseorang informasi mengenai apa yang akan terjadi di masa depan.

Dengan kata lain, mimpi ini memiliki sifat meramalkan.

Precognitive Dream dan Manusia
Kebanyakan mimpi yang bersifat ramalan ini berkaitan dengan bencana, perang, pembunuhan, kecelakaan, bahkan kuda pacu yang akan keluar sebagai pemenang. Namun, kadang hanya berhubungan dengan hal-hal kecil yang terjadi di kemudian hari.

Oh ya, jika saya berbicara mengenai precognitive dream, saya tidak sedang berbicara mengenai kemampuan khusus yang dimiliki oleh paranormal. Saya berbicara mengenai pengalaman yang dialami oleh sebagian besar manusia di bumi ini, termasuk anda dan saya.

Pada konferensi Association for the Study of Dreams, Robert Waggoner, seorang psikolog dan peneliti mimpi, mengatakan bahwa precognitive dream mengabaikan status, jabatan, budaya dan agama.

Karena itu, siapa saja di dunia ini, selama ia adalah manusia dan masih hidup pasti bisa mengalaminya. Yang berbeda hanyalah intensitas pengalaman tersebut.

Sebuah studi yang dilakukan oleh universitas Baylor menemukan bahwa 52 persen masyarakat percaya dengan precognitive dream. Bahkan sebuah survei pernah menemukan adanya 66 persen responden yang mengalami precognitive dream yang akurat.

Dalam sejarah, Abaham Lincoln pernah bermimpi melihat tubuhnya terbaring di sebuah peti mati, dua minggu sebelum pembunuhannya. Lalu seorang insinyur dari Inggris bernama John Dunne pernah memimpikan mengenai letusan sebuah gunung api di Perancis yang kemudian menjadi kenyataan.

Kategori Precognitive Dream
Menurut para peneliti yang sebagian besar adalah psikolog, tidak semua mimpi yang menjadi kenyataan dapat disebut sebagai precognitive. Untuk memenuhi syarat sebagai precognitive, maka mimpi yang menjadi kenyataan itu TIDAK BOLEH memenuhi empat unsur di bawah ini, yaitu :

1. Menjadi nyata karena probabilitas
2. Sang pemimpi sudah mengetahui peristiwa tersebut akan terjadi.
3. Self fulfilling prophecy
4. Pengaruh Telepati

Akan saya jelaskan dibawah ini :

Menjadi nyata karena probabilitas.
Contohnya, kita membaca berita bahwa 3 hari lagi akan diadakan demo besar-besaran. Lalu malamnya, kita bermimpi mengenai demo tersebut dan kita melihat terjadinya aksi lempar-lemparan batu antara pendemo dengan polisi.

3 Hari kemudian, memang ada demo besar-besaran dan terjadi aksi lempar-lemparan batu.

Mimpi kita menjadi kenyataan, namun tidak bisa disebut precognitive karena probabilitas terjadinya aksi anarki pada demo sangat tinggi.

Sang pemimpi sudah mengetahui mengenai kejadian tersebut.
Syarat ini memiliki contoh sama seperti di atas. Kita telah mengetahui akan terjadi demo sebelumnya. Karena itu, ketika kita memimpikannya, kita tidak bisa menyebutnya sebagai precognitive.

Self fulfilling prophecy
Self Fulfilling prophecy (Ramalan yang dipenuhi sendiri) adalah sebuah prediksi yang secara langsung ataupun tidak langsung menyebabkannya menjadi kenyataan.

Misalnya, ada sebuah ramalan palsu yang diberitakan. Namun ketika ia dideklarasikan sebagai ramalan sejati, maka deklarasi ini mungkin akan mempengaruhi orang-orang untuk membuatnya menjadi kenyataan.
( http://www.forumbebas.com/thread-130765-page-2.html )

0 komentar:

Posting Komentar

Postinglah dengan komentar yang bersifat "membangun".Thanks^^